Tips Jitu Meningkatkan Produksi telur Ayam Kampung





Ayam kampung merupakan hewan yang paling umum dipelihara oleh masyarakat. Semuanya bisa dimanfaatkan dari hewan yang memiliki nama ilmiah  Gallus gallus domesticus ini Mulai dari daging,bulu,hingga telurnya pun bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia sehari - hari. 




Pada artikel ini, penulis akan mengulas dan memberi tips jitu meningkatkan produksi telur Ayam Kampung. Apabila produksi telur ayam kampung meningkat, selain bisa dimanfaatkan buat persediaan komsumsi dirumah, juga bisa menjadi tambahan peluang bisnis, sehingga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan Ekonomi masyarakat, khususnya untuk para pembaca Sahabat satwa. Langsung saja simak ulasannya dibawah ini.


1. Meningkatkan Pemberian Pakan Umur 5 - 6 Bulan

 



Pada dasarnya, apabila Pembaca melakukan Perawatan dan Pembibitan Ayam Kampung dengan baik, maka pada usia 5 - 6 bulan Ayam sudah mulai memasuki fase waktu akan mulai bertelur. pada saat fase ayam kampung telah memasuki usia 5 bulan tersebut yang Pembaca Perlu pertama lakukan adalah dengan meningkatkan pemberian pakan pada Ayam kampung tersebut. sebab pada fase ayam sudah memasuki usia 5 bulan. Ayam kampung memerlukan lebih banyak pakan.


2. Menghilangkan Kebiasaan Mengeram Telur


langkah selanjutkan yang wajib dilakukan Pembaca adalah dengan menghilangkan Kebiasaan Ayam kampung untuk mengerami telurnya. secara naluri, induk Ayam kampung pasti akan menghabiskan waktunya untuk mengerami  telurnya selama 21 hari. maka dari itu Pembaca perlu ketahui akan menjadi tidak efektif jika ingin meningkatkan Produksi jumlah telur, ataupun Pembaca yang ingin mulai coba mengembangkan bisnis ternak ayam kampung Petelur.

Biasanya, tanda - tanda Ayam kampung akan terlihat ingin mengerami telur, saat induk ayam kampung telah mengeluarkan telur 15 hingga 21 butir. dan juga saat di sarangnya ayam kampung akan duduk sepanjang siang dan malam. pada fase Ayam kampung sedang mengerami tidak jarang  biasanya berat badannya menurun, pada  Jengger dan Cupingnya kelihatan kusut, serta selalu berada di posisi siap mematuk dengan leher tegap.

untuk cara mengatasinya agar naluri ayam kampung jadi hilang, caranya sangat mudah dan dapat dipraktekkan di rumah bagi Pembaca, yaitu dengan memandikan dua kali sehari yaitu saat pagi dan sore. lakukan hal tersebut terus secara rutin selama 5 hari berturut - turut. tujuan dari memandikan ayam tersebut adalah supaya Suhu badan Ayam kampung dapat menurun selama sedang dalam masa mengeram. sehingga membuat masa mengeramnya dihilangkan atau minimal dapat dipersingkat.


3. Masukkan Induk Ayam ke kandang Ayam Pejantan

 




langkah ketiga yang terakhir adalah dengan cara memasukkan Induk ayam kampung ke dalam Ayam pejantan selama 5 hari. hal bertujuan untuk memancing gairah bertelur pada induk Ayam. setelah 5 hari induk Ayam  akan terlihat fase mengeram telah berakhir.

biasanya ciri - ciri induk Ayam kampung telah berakhir masa mengeram adalah induk Ayam kelihatan lebih tenang dan tidak agresif lagi. kemudian setelah induk Ayam sudah hilang fase mengeram, masukkan kembali ke kandang khusus induk Ayam kampung tersebut. dan beri pakan yang terbaik. tunggu nanti setelah seminggu kemudian Induk Ayam kampung akan kembali dapat bertelur lagi.

Note : lebih bagus saat sedang melakukan pada langkah ketiga usahakan lebih baik perbandingan antara jantan dan betina 1 : 3. karena jika lebih banyak ayam jantan di dalam kandang akan terjadi perkelahian sesama ayam jantan.        


Demikian ulasan tentang Tips Jitu Meningkatkan Produksi telur Ayam Kampung di artikel ini, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca dan dapat membantu pembaca yang ingin mencoba bisnis berternak ayam petelur. semoga berhasil.  





Comments

Postingan Populer

Ajag, Anjing Hutan Aset Nusantara yang bernasib malang

Musim Hujan Tiba, Tips ampuh cara Agar Ular tidak masuk Rumah dan mitos ular takut garam

VARANUS PRASINUS PERMATA HIDUP DARI INDONESIA TIMUR