Salamander Olm, Si Naga Buta yang Suka Bertapa di Dalam Gua








Mungkin Pembaca Sahabat Satwa setelah melihat gambar tersebut akan berfikir bahwa hewan tersebut bentuknya sangat aneh. seperti belut, tetapi mempunyai empat kaki, kalau dilihat - lihat lagi secara seksama bentuknya kok seperti seekor naga ya ?. yups, dari gambar hewan tersebut memang sekilas bentuknya mirip seperti Naga. tetapi hewan tersebut bukanlah hewan naga melainkan, adalah seekor Salamander. yaitu bernama Olm Salamander

di artikel ini Penulis akan mengulas tentang Olm Salamander, Si Naga Buta yang Suka Bertapa Di Dalam Gua. masih Pernasaran mengapa Penulis memberi julukan Si Naga Buta yang Suka Bertapa Di dalam Gua ?. untuk itu langsung saja simak Ulasan lebih jelasnya di bawah ini. 



    


Salamander Olm, atau nama ilmiahnya adalah Proteus Anguinus merupakan  Amfibi endemik berasal dari perairan karst Dinarik yang aliran pengairannya mengalir dari sungai Soca yang terletak di dekat daerah Trieste, Italia ke Slovenia, Kroasia, sampai ke Negara Bosnia Herzegovina. Salamander Olm merupakan Satwa Asli yang bernafas menggunakan insang dari benua Eropa, dan juga masih keluarga dengan famili Proteidae, yang menghabiskan seluruh waktu hidupnya tinggal di dalam gua. karena sepanjang hidupnya menghabiskan sepanjang waktu hidupnya tinggal di dalam lingkungan gua yang gelap, membuat evolusi mata salamander Olm menjadi tidak berfungsi atau buta. 






menurut para peneliti, dari hasil penelitiannya mengenai tentang salamander Olm. bahwa Salamander Olm memiliki keunikan tersendiri dibanding satwa - satwa lain. selain salamander tersebut kelebihannya sama seperti salamander pada umumnya, yang dapat meregenerasikan  atau menumbuhkan kembali pada bagian anggota tubuhnya yang terpotong, juga salamander tersebut sangat jarang sekali bergerak alias mendiami tempatnya. selama berhari - hari bahkan ada yang sampai selama 7 tahun tidak pernah bergerak sama sekali dan tetap diam ditempat. kalaupun bergerak, Salamander Olm tersebut hanya 38 meter saja dalam waktu 230 hari.


Makanan Salamander Olm adalah udang kecil dan ikan - ikan kecil yang hidup di perairan dalam gua. meskipun begitu, salamander tersebut lebih jarang makan, bahkan mampu hidup dengan tidak makan apapun sama sekali selama bertahun - tahun bahkan memiliki umur yang panjang yaitu sampai 100 tahun. itulah kenapa alasan Penulis tadi menjulukinya sebagai Si Naga buta yang suka bertapa.






ada satu hal lagi yang menarik tentang kehidupan Salamander Olm tersebut, yaitu mereka tidak memiliki Predator sama sekali di lingkungannya. itulah ada alasan lain mengapa Salamander Olm Tersebut mata nya menjadi buta dan sangat jarang sekali bergerak untuk berpindah - pindah tempat.
karena pada dasarnya hewan diberikan kemampuan lebih untuk bergerak, selain untuk mencari makan, juga untuk menghidari diri dari serangan Predator.

Demikian Ulasan dari Penulis tentang Salamander Olm, Si Naga Buta yang Suka Bertapa di Dalam Gua. ternyata di dunia ini memiliki keanekaraman satwa yang sangat unik dan bikin kita terkagum - kagum kepada Ciptaan dari Tuhan  Yang Maha Esa. semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan menambah Pengetahuan untuk para Pembaca Sahabat Satwa.     

         

Comments

Postingan Populer

Ajag, Anjing Hutan Aset Nusantara yang bernasib malang

Musim Hujan Tiba, Tips ampuh cara Agar Ular tidak masuk Rumah dan mitos ular takut garam

VARANUS PRASINUS PERMATA HIDUP DARI INDONESIA TIMUR