Kelomang, Satwa lucu yang Fashionable dan fakta uniknya





Pembaca Sahabat pasti waktu masih kecil pernah membeli Kelomang untuk buat mainan atau dipelihara dirumah. yup, kalau dilihat sekilas kelomang mirip seperti siput, tetapi memiliki capit seperti kepiting. untuk para Pembaca sahabat satwa yang ingin berkenalan dengan salah satu makhluk Mungil nan lucu ini, Penulis Akan mengulas tentang Kelomang dan juga fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui banyak Orang. untuk itu yuk langsung saja kita simak di bawah ini.


Kelomang atau nama lainnya disebut umang -umang, dan bahasa inggrisnya disebut Hermit Crab ( Dardanus calidus ) merupakan krustasea dekapot dari super famili Paguroidea. Kelomang memiliki ciri fisik yaitu bentuk Perutnya yang Panjang dan bergelung seperti spiral yang lunak dan lembut. Kelomang memiliki 10 kaki yang setiap masing - masing kakinya memiliki kegunaan dan fungsi tersendiri bagi hidup kelomang. kelomang bernafas dengan menggunakan insang dan habitatnya berada di daerah yang tidak jauh dari perairan tropis, subtropis, darat dekat pantai dan juga di laut dalam.



  
untuk fakta - fakta uniknya seputar Kelomang, Penulis akan langsung mengulas dan memaparkannya dibawah ini.


Fakta Unik Kelomang

1.  Memiliki Fungsi tersendiri masing - masing 10 kaki pada Kelomang

 

          
seperti pembaca lihat pada contoh gambar anatomi kelomang yang diatas bahawa kelomang memiliki kaki berjumlah 10. masing - masing kaki pada kelomang tersebut, memiliki fungsi tersendiri dan saling berkoordinasi yaitu sepasang kaki pertama yaitu pada kaki capit yang besar digunakan untuk mencapit atau melindungi diri dari serangan pemangsa dan untuk mencari makan. kemudian dua pasang kaki yang panjang yaitu kedua dan ketiga berfungsi untuk berpindah tempat,berjalan, dan memanjat. kemudian sepasang kaki keempat digunakan kelomang untuk keluar masuk cangkang. sedangkan sepasang kaki kelima yang terakhir digunakan untuk membersihkan dan membuang kotoran yang ada di dalam cangkangnya.


2. Tidak Semuanya hidup di dalam air laut, tetapi ada yang hidup daratan tropis

  


 

di benak pembaca sahabat satwa pasti akan langsung berfikir bahwa kelomang sangat identik hidup di pinggir pantai. tetapi ternyata tidak semua kelomang hidup di pinggir pantai. ada juga kelomang yang menghabiskan sepanjang hidup di daratan. umumnya untuk kelomang tersebut berasal dari keluarga Coenobitidae. walaupun begitu, mereka pasti tetap membutuhkan air agar insangnya selalu bisa tetap basah. selain itu, mereka juga bereproduksi di air. 


 3.  Kelomang juga mengalami moulting 

 

 

 
ternyata kelomang juga mengalami moulting, atau bisa kita sebut dengan proses melepaskan kerangka luar lalu kemudian menumbuhkan kerangka dalamnya. biasanya saat kelomang sedang moulting akan menjadi stress dan rentan terkena penyakit atau mati. kelomang akan mengalami proses moulting setiap 18 bulan sekali. dan saat proses moulting, kelomang akan membutuhkan waktunya selama 4 minggu hingga 8 minggu. jika kita lihat saat sedang proses moulting, kelomang akan melepaskan bagian tubuhnya dan tidak dapat bergerak sementara. itulah yang membuat kelomang mengalami stress dan rentan.


4.  Selalu berganti rumah ( cangkangnya )

 



Nah ini yang penulis sebut bahwa kelomang adalah satwa yang selain lucu juga fashionable. kelomang suka keluar berganti cangkang apabila kelomang tersebut sudah tidak muat lagi dengan cangkangnya yang lama. bahkan terkadang ada kelomang yang sampai saling rebutan kepada sesamanya, hanya untuk mendapatkan cangkang barunya. Cangkang merupakan benda yang sangat penting dan berharga bagi kelangsungan hidupnya. karena cangkang selain untuk melindungi perut lunaknya dari serangan predator, juga untuk menjaga kelembaban pada insangnya.


5. Makanan favorit kelomang

 



mungkin Pembaca sahabat satwa ada yang masih bingung dan pernasaran makanan yang sangat cocok untuk Kelomang. Yup, makanan kelomang yang sangat cocok dan menjadi makanan favoritnya adalah buah - buahan dan sayuran. seperti buah pepaya, mangga, apel, pisang, semangka, dll. selain buah - buahan kelomang juga suka makan sayuran seperti Bayam, mentimun, wortel, dll. apabila Pembaca sahabat satwa ingin memiliki hewan peliharaan dirumah, maka kelomang merupakan sebuah solusi.karena makanannya sangat mudah didapat dan murah.


6. Memiliki umur yang Panjang

   



mungkin banyak pembaca sahabat disini yang akan merasa terheran - heran dan tidak menyangka, bahwa Kelomang memiliki umur yang panjang yaitu 20 sampai 30 tahun. dan juga ternyata ada juga kelomang tertua di Indonesia yang telah berusia 70 tahun. dan sudah tercatat oleh Rekor. Pemilik Kelomang tersebut bernama Steve Sugianto. beliau merupakan seorang hobiis kelomang berasal dari Surabaya Jawa Timur. Kelomang tersebut memiliki ukuran tubuh sebesar buah kelapa dan, panjang kakinya mencapai ukuran 15 cm.


demikian ulasan mengenai tentang Kelomang dan fakta uniknya. semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca dalam menambah Pengetahuan tentang Dunia Satwa.

Comments

Postingan Populer

Ajag, Anjing Hutan Aset Nusantara yang bernasib malang

Musim Hujan Tiba, Tips ampuh cara Agar Ular tidak masuk Rumah dan mitos ular takut garam

VARANUS PRASINUS PERMATA HIDUP DARI INDONESIA TIMUR