Berkutchi, Tradisi unik Berburu Hewan Menggunakan Burung Elang Emas







ketika mendengar kata " Mongolia " pasti sebagian besar Pembaca Sahabat Satwa akan langsung teringat dengan sosok " Genghis Khan ". yaps Genghis Khan merupakan seseorang kaisar dari mongolia yang dahulu berhasil menaklukkan sebagian benua Asia dan Eropa, dan sosok yang paling ditakuti pada masanya. di mongolia dengan daerah yang sebagian besar adalah padang rumput dan pegunungan selain memiliki raja Genghis khan pada jamannya juga memiliki beragam kebudayaan dan kearifan lokalnya yang unik, khususnya tradisi Berkutchi.





di artikel ini Penulis akan mengulas tentang tradisi Berkutchi untuk ulasannya selengkapnya yuk langsung saja disimak di bawah ini.


sebelum kita membahas tentang apa itu berkutchi Penulis akan membahas singkat tentang Elang Emas. karena mengenai penjelasan tentang berkutchi ada kaitan dengan Burung Elang Emas.





Burung Elang Emas, atau nama ilmiahnya Aquila chrysaetos merupakan sebangsa burung Elang yang habitatnya berasal dari belahan utara, dan menyebar mulai di benua amerika utara, eropa, hingga benua Asia. ukuran burung elang emas tersebut dari ujung paruh hingga ujung bulu Ekor antara 66 cm hingga 102 cm sedangkan saat merentangkan sayap panjangnya sekitar 180 cm hingga 234 cm. untuk Jantan memiliki berat tubuh sekitar 2,8 Kg hingga 4,5, sedangkan untuk Betina nya memiliki badan yang lebih besar daripada Jantan, Yaitu 3,6 Kg hingga 6,6 Kg.

Elang ini bisa dinamakan Elang Emas karena Elang tersebut memiliki corak bulu berwarna cokelat, sedangkan pada bagian Kepala hingga leher memiliki corak bulu berwarna Emas. Burung Elang Emas dibekali Paruh yang tebal dan juga besar bewarna hitam, dan juga dibekali kaki yang besar dan sangat kuat yang sudah dilengkapi oleh Cakar yang panjang, kuat, tebal, dan sangat tajam. yang ukuran Jarinya sebesar jempol orang dewasa. sehingga Elang Emas mampu berburu mangsa yang Ukurannya lebih besar dari padanya.






sebagian besar habitat dan berkembang biaknya berada di pegunungan namun juga tidak jarang berburu di dataran rendah. Elang Emas biasanya membuat sarang di pohon besar dan tebing di pegunungan. Elang Emas bersifat monogami terhadap pasangannya. setelah mulai menginjak usia 4 - 7 tahun. Elang Emas berkembang biak hanya satu tahun sekali biasanya terjadi pada bulan maret hingga Agustus. dan menghasilkan telur hanya sebanyak satu sampai dua telur, dengan fase mengerami selama 35 hingga 45 hari. dan burung elang emas memiliki umur yang cukup panjang, yaitu sampai usia 38 tahun di alam bebas dan 57 tahun di penangkaran.





biasanya burung Elang Emas dimanfaatakn oleh warga mongolia dalam tradisinya, yaitu tradisi Berkutchi. Berkutchi merupakan sebuah tradisi yaitu kegiatan berburu hewan liar dengan menggunakan Burung Elang Emas di padang Rumput yang luas. tradisi   Berkutchi telah ada sejak 6000 tahun yang lalu dan diturunkan dari Generasi ke Generasi.





biasanya burung Elang Emas yang digunakan untuk berburu adalah burng Elang Emas berjenis kelamin betina. alasnnya selain memiliki kaki cakar yang besar dan kuat, juga burung Elang Emas betina ukurannya lebih besar daripada yang jantan. 

selain itu burung Elang emas sangat efektif bagi mereka dalam berburu, karena selain daya jelajahnya sangat luas, juga memiliki penglihatan yang sangat tajam dari jarak 3 kilometer. saat melakukan berkutchi burung Elang Emas mampu menangkap burung hantu, mamalia kacil, Rusa, Rubah, Serigala, bahkan Macan tutul sekalipun.











mereka mulai melatih burung Elang Emas pada umur masih kecil, hal ini bertujuan karena akan lebih cepat jinak dan dapat membangun hubungan  ikatan batin antara burung Elang Emas dengan Pemiliknya.  setelah Elang emas sudah menginjak dewasa dan terlatih mereka akan dibawa pemiliknya untuk berburu dengan bertengger dilengan kiri pemburu yang sedang menunggang kuda.  dan pada saat pemburu berhasil menemukan atau melihat buruannya. maka pemburu akan langsung melepaskan Elang emas tersebut dan Elang Emas akan mengejarnya secara otomatis. kemudian pemburu hanya akan mengikuti kemana arah terbangnya burung elang tersebut.






sampai sekarang tradisi berkutchi masih dilestarikan dan diadakan festivalnya setiap bulan september. hal ini bertujuan selain untuk melestarikan budaya juga sebagai daya tarik hiburan untuk para turis yang sedang berkunjung kesana.





 
sekian ulasan artikel tentang Berkutchi, Tradisi unik Berburu Hewan Menggunakan Burung Elang Emas. semoga ulasan artikel ini bisa memberi manfaat untuk Pembaca dan juga dapat menambah wawasan.


      


   

Comments

Postingan Populer

Ajag, Anjing Hutan Aset Nusantara yang bernasib malang

Musim Hujan Tiba, Tips ampuh cara Agar Ular tidak masuk Rumah dan mitos ular takut garam

VARANUS PRASINUS PERMATA HIDUP DARI INDONESIA TIMUR