Cara mengobati Ular saat terserang Flu










Bagi Para Pembaca khususnya untuk para pecinta Reptile yang mungkin memiliki hewan peliharaan khususnya ular, pasti pernah mempunyai pengalaman hewan peliharaan kita terserang penyakit dan yang paling umum sering terjadi adalah penyakit Flu pada Reptile khususnya pada Ular.




Penyakit Flu pada Ular tidak bisa dianggap remeh, karena selain membuat Ular kesayangan kita menjadi mogok makan, juga bisa berujung pada kematian jika tidak segera ditangani untuk melakukan pengobatan. Di artikel ini penulis akan memberikan tips yaitu Cara mengobati Ular saat terserang Flu. Untuk ulasan lebih jelasnya, yuk langsung saja disimak ulasannya dibawah ini : 







1.  Kurangi intensitas memandikan Ular dengan air dingin



     

 


Apabila pembaca mungkin memandikan ular kesayangannya dengan rutin setidaknya minimal 4 hari atau seminggu sekali, saran dari penulis lebih baik untuk sementara ditahan dahulu. Karena dengan sering Memandikan akan memperparah flu pada Ular. Langkah paling tepat adalah hanya dengan cukup membasuh menggunakan air saja, atau cara yang paling bagus cukup disemprot menggunakan spray yang biasa Pembaca gunakan untuk menyemprot tanaman. Setelah disemprot atau dibasuh langkah selanjutnya adalah dengan dikeringkan dengan mengelap tubuh ular menggunakan kain kering dan bersih. Setelah itu usahakan dilap sampai kering dan jangan sampai menambah lembab tubuh ular.



2.  Rendam dengan air sirih hangat

   



Pada saat pembaca sedang melakukan proses tahap penyembuhan pada Ular, usahakan jangan lupa juga untuk merendam ularnya menggunakan menggunakan air rendaman daun sirih hangat, daun sirih dipercaya menjadi obat ampuh bagi ular karena mengingat daun sirih mengandung zat antibiotik alami. Cukup dengan merendamnya dengan durasinya selama 15-20 menit saja, Jangan terlalu lama. Kemudian usahakan merendam di bagian kepala. Hal ini bertujuan ketika mulut dan hidungnya terendam. Secara otomatis ular akan minum air sirih hangat tersebut.



3.  Bersihkan kandang dengan air hangat remdaman daun sirih




 


Air sirih tadi yang sudah digunakan oleh pembaca untuk memandikan Ular tadi masih bisa Pembaca manfaatkan, yaitu Pembaca bisa memanfaatkannya  untuk mencuci kandang Ular sampai bersih. Kandang Ular juga wajib dicuci karena, bisa juga sudah terkontaminasi dengan lendir atau cairan dari mulut ular saat bersin. Secara analoginya saat bersin pasti ingus yang keluar akan menempel. Maka wajib juga untuk di bersihkan.



4.  Usahakan Jemur kandang dan ular saat Pagi hari
 
 




Saat Setelah membersihkan kandang dan ular, yang perlu penulis lakukan adalah dengan menjemur ular di bawah terik matahari langsung pada pagi hari. Dengan menjemurnya akan membuat rasa hangat pada tubuh ular. Pada waktu proses penjemuran Usahakan Pembaca menjemur ular antara waktu jam 7 pagi hingga batas jam 10 siang. Karena pada jam – jam tersebut adalah saat di mana sinar matahari yang sangat menyehatkan dan kaya vitamin untuk perumbuhan ular dan proses pemulihan ular yang sedang sakit.


Catatan : Usahakan menjemur Ular hanya selama 15 menit sudah cukup. Dan jangan terlalu lama, karena jika kepanasan akan membuat ular dehidrasi. Kecuali Jika flu Ular memang sudah parah. Jika ingin menjemur lama bisa dengan cara saat proses penjemuran setelah 10 menit, teduhkan Ular kembali selama 5 menit, Kemudian panaskan lagi selama 10 menit, lalu teduhkan lagi. Pembaca bisa mengukur sendiri suhu hangat pada tubuh ular.
 


5.  Berikanlah alas pada kandang






Manfaat memberi alas pada Kandang Ular adalah untuk menjaga suhu kandang agar tetap hangat. Untuk alas pada kandang pembaca bisa menggunakan koran , kain, karpet, atau lainnya. Yang  terpenting adalah berikan kehangatan pada ular di dalam kandangnya. Tempat penyimpanan kandang Ular juga harus diperhatikan. Usahakan Jangan diletakkan di luar ruangan, jika bisa lebih bagus saat ular sedang sakit tempatkan di dalam ruangan. Jika  kondisi cuaca memang sedang dingin, pembaca bisa menambahkan lampu sebagai penghangat danular juga bisa basking di dalam kandang.



Lakukanlah mulai dari tips pertama hingga tips kelima dalam kurun waktu selama 4-5 hari secara rutin dan disiplin. Insyaallah ular bisa berangsur sembuh. Tanda Ular ada kemajuan dalam Penyembuhan adalah ular tidak lagi mengeluarkan lendir ingus. Kemudian Perhatikan saat pagi hari, jika ular sudah tidak bersin maka ular bisa dipastikan sembuh. Jika sudah terlihat sehat, pembaca bisa melakukan test ular untuk makan, karena selama sakit biasanya Ular akan mogok makan. Demikian ulasan artikel tentang Cara mengobati Ular saat terserang Flu. Semoga bermanfaat.
 



Comments

Postingan Populer

Ajag, Anjing Hutan Aset Nusantara yang bernasib malang

Musim Hujan Tiba, Tips ampuh cara Agar Ular tidak masuk Rumah dan mitos ular takut garam

VARANUS PRASINUS PERMATA HIDUP DARI INDONESIA TIMUR