Tips Merawat Iguana untuk Pemula Agar Cepat Besar





Jaman sekarang Reptil menjadi lebih populer sebagai hewan peliharaan, dan iguana tidak terkecuali. Namun sayangnya orang yang belum mengerti tentang cara memelihara iguana dan hanya asal merawatnya saja dan yang lebih fatalnya sering terjadi kasus iguana mati, karena kurangnya pengetahuan kita saat merawatnya. Melalui artikel ini penulis ingin berbagi tips tentang cara merawat iguana yang perlu diperhatikan agar menjadi cepat besar dan dapat tumbuh dengan sehat.


1. Buatlah Kondisi Lingkungan Yang Baik

 

 

Buatlah iguana untuk selalu mendapatkan suplai cahaya yang baik, yaitu dengan menjemurnya setiap pagi hari minimal selama 30 menit atau maksimal selama satu jam antara pukul 07.00 pagi sampai pukul 09.00 pagi. Untuk mendapatkan sinar UVB dari sinar matahari . Sebab jika tanpa suplai cahaya UVB akan membuat iguana kekurangan vitamin D, tidak akan dapat menyerap kalsium dan akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Dan juga pembaca harus mempersiapkan Lampu UVB. Lampu UVB berfungsi untuk mengganti sinar matahari saat di musim hujan selain itu lampu UVB juga membuat iguana tidak kedinginan.

2. Membuat Habitat Yang Nyaman




Sediakan kandang yang luas, karena semakin luas kandang maka semakin baik bagi pertumbuhan iguana. Kandang terbuat dari kawat sangat cocok dan bagus  terutama untuk lingkungan yang panas (kandang terbuka), untuk kandang iguana terbuat dari kaca juga bisa namun harus menstabilkan dengan kondisi lingkungannya. Kemudian sediakan juga tempat untuk memanjat seperti kayu atau ranting pohon, karena iguana termasuk hewan arboreal, yaitu hewan yang hidupnya lebih banyak tinggal di pepohonan dan suka memanjat. Dan selain itu pembaca juga bisa menambahkan beberapa jenis tanaman untuk membuat kandang seperti di habitat aslinya.

3. Memberi Makan Iguana




Iguana termasuk jenis Reptil herbivora yaitu pemakan tumbuhan, maka untuk member makan iguana, penulis perlu memberi makan berupa sayur – sayuran dan buah – buahan. Untuk sayur – sayuran pembaca perlu memberi makan iguana dengan : sawi,tauge,dan kangkung. Dan untuk buahan pembaca perlu memberinya seperti buah papaya,manga, atau labu. Untuk memberi makan iguana pembaca bisa melakukan dengan dicampur antara sawi, tauge, buah papaya menjadi satu.atau bisa sering diganti menu makanannya agar iguana tidak mudah bosan. Kemudian untuk pemberian pakan bisa diberikan sehari sekali saat pagi lebih bagus pada saat iguana setelah dijemur. Selalu sediakan wadah untuk minum di tempat yang bisa dijangkau oleh iguana.

Catatan : jangan memberi iguana makanan seperti buah pisang,daun bayam,cokelat,serangga,dogfood/catfood. Karena dapat membahayakan kesehatan iguana dalam jangka waktu panjang


4. Perhatikan Kebersihan Kandang

Jangan satukan beberapa iguana dalam satu kandang yang sama, karena akan menimbulkan agresifitas. Jika terpaksa menyatukan iguana dalam kandang yang sama harus diberikan separator/pemisah per ekornya. Bersihkan lingkungan kandang secara teratur demi kesehatan dan kenyamanan iguana. Bersihkan sisa makanan, ganti dan bersihkan alas kandang, serta bagian aksesoris kandang yang rusak. Dan juga bersihkan tempat makan secara teratur untuk menghindari pertumbuhan sisa bakteri yang berasal dari sisa makanan.


Comments

Postingan Populer

Ajag, Anjing Hutan Aset Nusantara yang bernasib malang

Musim Hujan Tiba, Tips ampuh cara Agar Ular tidak masuk Rumah dan mitos ular takut garam

VARANUS PRASINUS PERMATA HIDUP DARI INDONESIA TIMUR